Juli 24, 2023

PPID Diskominfo Ketapang

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB PPID PEMBANTU/PELAKSANA DINAS KOMINFO

A. ATASAN LANGSUNG PPID DISKOMINFO (PENGARAH),

a. Mengordinasikan seluruh kegiatan pelayanan informasi publik di Dinas
Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang,

b. Menerima pengajuan keberatan yang disampaikan seara tertulis oleh pemohon
informasi publik serta mengikuti proses atas sengketa informasi yang diajukan
oleh pihak pemohon.

c. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi
publik.

B. PPID PEMBANTU (KETUA)

a. Mengklasifikasikan Informasi yang terdiri dari :

  1. Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala,
  2. Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta:
  3. Informasi yang wajib tersedia setiap saat,
  4. Informasi yang dikecualikan.

b. Memberikan tanggapan atas permintaan informasi publik yang diajukan oleh
pemohon informasi publik,

c. Mengordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan
dokumentasi yang ada di lingkungannya,

d. Mengordinasikan pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi yang
ada di lingkungannya kepada publik:

e. Melakukan verifikasi bahan informasi publik yang ada di lingkungannya,
Melakukan pemutahiran informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya,
Menyediakan Informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya untuk
diakses oleh masyarakat,

f. Melakukan inventarisasi informasi yang dikecualikan untuk disampaikan kepada
PPID Utama,

g. Memberikan laporan tentang pengelolaan informasi yang ada di lingkungannya
kepada PPID Utama secara berkala,

h. PPID Pembantu bertanggung jawab mengordinasikan pelayanan informasi publik
yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan
pelayanan informasi publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten
Ketapang, dan

i. Dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya, Pejabat
Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu bertanggung jawab
kepada atasan PPID Pembantu

C. SEKRETARIS

a. Memfasilitasi pelaksanaan pelayanan informasi publik meliputi
prasarana penyelenggaraan pelayanan informasi: dan

b. Membantu PPID Pembantu dalam menyusun standar prosedur operasional
layanan informasi publik.

D. KOORDINATOR BIDANG PELAYANAN INFORMASI, DOKUMENTASI DAN ARSIP, PENGADUAN DAN PENYELESAIAN SENGKETA,

a. Melaksanakan pelayanan informasi publik kepada pemohon informasi,
Mencatat permohonan informasi publik dalam register permohonan:

b. Membuat dan mengumpulkan laporan tentang layanan informasi publik:
Pengelolaan dokumentasi /arsip informasi publik:

c. Menyiapkan informasi publik untuk diakses oleh masyarakat:

d. Melaksanakan proses penyimpanan dan pendokumentasian arsip pelayanan
informasi publik,

e. Memberikan masukan kepada Atasan PPID Pembantu dengan adanya keberatan
yang diajukan oleh pemohon informasi publik:

f. Memeriksa dan melakukan verifikasi permohonan keberatan informasi publik,
g. Membantu dalam proses pengujian dan pengklasifikasian serta uji konsekuensi
informasi publik,

i. Membantu menyelesaikan informasi publik.

E. KOORDINATOR BIDANG PENGELOLA INFORMASI DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

a. Membantu PPID Pembantu dalam dalam proses penyusunan daftar informasi
publik,

b. Menjamin pemenuhan hak warga negara untuk memperoleh akses informasi
publik

c. menetapkan standar biaya perolehan salinan informasi (pengganti biaya photo copy;

d. Menetapkan dan memutahirkan secara berkala daftar informasi pu atas
seluruh informasi publik yang dikelola;

e. Membuat dan mengumumkan laporan tentang pelayanan informasi publik,
Membagun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi,

f. Memutahirkan secara berkala daftar informasi publik;

g. Menyiapkan bahan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pengembangan e-government;

h. Mengembangkan interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan.