Juni 5, 2021

LAYANAN PERTIMBANGAN TEKNIS MENARA

Dasar Hukum:1. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 154, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3881);   
2. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 134, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4247);
3. Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 107, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3980);
4. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2000 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3981);
5. Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 18 Tahun 2009, Nomor 07/PRT/M/2009, Nomor 9/PER/M.KOMINFO/03/2009, Nomor 3/P/2009 tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi;
6. Peraturan Daerah Kabupaten Ketapang Nomor  17  Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Menara Dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi (Lembaran Daerah Kabupaten Ketapang Tahun 2013 Nomor 17, Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Ketapang Nomor 40);
 Persyaratan:1. Surat Permohonan kepada Bupati Ketapang melalui Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang
2. Foto Copy IMB/PBG
3. Foto Copy Akta Pendirian Perusahaan
4.. Foto Copy sah KTP Pemohon yang masih berlaku
5. Foto Copy TDP Perusahaan
6. Foto Kopi Rekomendasi Dari Kepala Desa/Lurah
7. Foto Kopi Rekomendasi Camat
8. Foto Copy Lay Out Radius Warga, Lokasi Lahan dan Akses Jalan (ancangan rencana teknis bangunan menara meliputi situasi, denah, tampak, potongan dan detail serta perhitungan struktur/layout bangunan dengan mencantumkan titik koordinat tower / menara telekomunikasi dimaksud)
9. Surat Kajian Teknis Ketinggian Menara/Tower Dari Kepala Bandara Udara
10. Foto Copy Sertifikat Tanah.
11. Foto kopi Pernyataan Persetujuan Warga
12. Surat Pernyataan kesanggupan membayar Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi setiap tahun sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2013 dan Perda  Nomor 5 Tahun 2019 tentang Retribusi Penlenggaraan menara
13. Surat Kepemilikan / perjanjian / pemanfaatan / sewa tanah atau lahanSurat Pernyataan sanggup mengganti kerugian kepada warga masyarakat apabila terjadi kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh keberadaan menara telekomunikasi yang dibangun / dioperasikan
14. Surat Kesanggupan membongkar Menara Telekomunikasi apabila sudah tidak dimanfaatkan kembali atau habis masa perizinannya atau keberadaannya bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
15. Surat Perjanjian informasi rencana penggunaan menara bersama (berupa surat perjanjian) kalau menara digunakan bersama
3Prosedur:1. Pemohon menyampaikan permohonan Tertulis Kepada Bupati melalui Kepala Dinas dilengkapi persyaratan yang ditetapkan
2. Registrasi dan Penelitian Berkas dan seterusnya di Proses untuk diteruskan kepada Kepala Dinas
2. Kepala Dinas Mendisposisikan kepada Kepala Bidang
3. Kepala Bidang menunjuk Kasi/Staf melakukan Peninjauan ke Lapangan
4. Setelah Hasil Berita Acara Pemeriksaan Dinyatakan Lengkap, Kepala Dinas menerbitkan Pertimbangan Teknis/Rekomendasi
4Waktu pelayanan:1. Senin-Kamis : 08.00 – 12.00 wib dan 13.00 -15.30 wib
2. Jum’at : 08.00 -11.00 wib dan 13.30 -16.00 wib
3. Lama Waktu Proses (14 Hari Kerja)
5Biaya/ Tarif: Tidak ada biaya
6Produk layanan:Rekomendasi/Pertimbangan Teknis Pembangunan Menara
7Penanganan pengaduan, saran, dan masukan:1. Jl.Jend.Urip Sumoharjo, No.06.Ketapang, Prov Kalbar 78811
2 No. Telepon : (0534)303 2734
3 . No. Whatsapp : 0812-5422-2093
4. Email : diskominfo@ketapangkab.go.id
5. Website: diskominfo.ketapangkab.go.id
6. Kotak Pengaduan : www.lapor.go.id