Dorong Konvergensi Media, Menkominfo Dukung Kehadiran Publisher Rights

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan dukungan penuh untuk pengembangan ekosistem digital di tanah air. Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan selain membangun infrastruktur digital, Pemerintah memberikan dukungan sepenuhnya untuk mengawal legislasi dengan baik, salah satunya berkaitan dengan Indonesian Publisher Rights untuk mendorong konvergensi media.

“Mengapa ini penting? Karena kita perlu memastikan konvergensi bermitra usaha di sektor digital khususnya antara industri broadcasting dengan the new media atau Over The Top (OTT). Kita perlu memastikan menjaga konvergensi,” tegasnya dalam Gala Dinner BNI Investor Daily Summit 2022 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022) malam.

Menteri Johnny menyatakan, saat ini adalah era konvergensi antara industri broadcasting dengan the new media atau OTT. Menkominfo menyontohkan Australia yang telah menghasilkan legislasi Publisher Rights. Menurutnya keberadaan aturan itu dapat menjaga keseimbangan usaha the new media dan broadcaster agar bisa hidup berdampingan.

“Begitu pula di Uni Eropa, keluar dua legislasi yang juga mengatur konvergensi yakni Digital Service Act dan Digital Market Act. Di Indonesia pun demikian, kita harus menjaga hidup berdampingan agar playing field yang seimbang antara media konvensional, dalam hal ini broadcaster (televisi) dengan OTT atau Global Technology Company,  khususnya, agar penghasilan utama media melalui belanja advertising bisa lebih berimbang,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny saat ini terjadi peningkatan belanja iklan secara nominal di pertelevisian. Namun demikian, persentase keseimbangan antara advertising yang masuk atau diserap the new media jauh lebih tinggi dibandingkan media konvensional media.  “Kita perlu sama-sama menjaga dan mengatur itu,” tegasnya.

Menkominfo mengajak semua pihak dalam ekosistem digital mengambil bagian mempercepat transformasi digitali nasional.

“Melalui keikutsertaan kita menghasilkan talenta digital di Indonesia, melakukan deployment ICT Infrastructure secara massive, tetapi jangan sampai kita tidak bisa memanfaatkan hilirnya. Untuk itu perlu kita saling bahu-membahu menghasilkan digital talent di semua level, basic digital skills, intermediate digital skills, maupun advance digital skills. Ini kerja kolaborasi,” ungkapnya.

Gala Dinner BNI Investor Daily Summit 2022 merupakan penutup rangkaian acara Investor Daily Summit 2022 yang telah dibuka Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/10/2022) lalu. Dalam gala dinner yang juga menjadi ajang peluncuran BTV, hadir Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dan Executive Chairman B Universe Enggartiasto Lukita.

 

sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/44951/dorong-konvergensi-media-menkominfo-dukung-kehadiran-publisher-rights/0/berita_satker