Diskominfo Sambangi Dishub Ketapang

Setelah Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, serta Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Ketapang, maka pada hari Kamis (11 Nopember 2021) pejabat struktural Dinas Kominfo Ketapang Audiensi ke Dishub Ketapang. Materi audiensi tetap sama seperti pada peerangkat daerah lainnya, yaitu menjelaskan langkah-langkah percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Tanda Tangan Digital, wacana internet satu pintu, Satu data Indonesia, dan PPID sebagai keterbukaan informsi Publik.

Penerapan PPID sebagai amanah UU nomor 14 tahun 2008 tentang KIP, UU nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan Undang-undang Dokumentasi dan kearsipan, menempatakan PPID sebagai gerbang utama dalam percepatan SPBE, khususnya terkait pelayanan data. Gerbang utama penerapan SPBE ini didukung juga dengan UU ITE, dan Keppres No 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Hal ini ditandai dengan pelayanan informasi dan komunikasi pemerintah mengalami perubahan seiring dengan kemajuan teknologi, seperti aplikasi, dan website.

Dalam audiensi tersebut, rombongan dipimp[in oleh Sekretaris Diskominfo, Pepensius, S.Pd, M.Ap, yang diterima oleh Sekretaris Dishub Ketapang, Mf.Yuliansyah ST, MM. Materi tandatangan digital disampaikan oleh Kasi Persandian dan Keamanan Informasi, Eko Susilo Hardiyanto S.Kom, kemudian dilanjutkan dengan materi tentang wacana internet satu pintu disampaikan Kasi PPPT, Jesicca Anggaraini, SE, MM, materi satu data disampaikan oleh Kabid Komunikasi Publik, Maryanto, S.AP, ME, materi Keterbukaan informasi Publik disampaikan oleh Andy Candra, SE, Kasi PKIP dan materi SPBE disampaikan oleh Merli Andika S.Kom.

Edit