Diskominfo Ketapang Pelatihan Pemanfaatan Media Informasi Untuk Promosi KIM

KETAPANG – Sebagai suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Maka, Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang, Senin (18 Oktober 2021) mengadakan pelatihan pemanfaatan media informasi untuk promosi KIM di era Digital. Pelatihan tersebut diikuti perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Ketapang dan berlangsung di ruang Network Office Center (NOC).

Kegiatan ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Ketapang, Drs Nugroho Widyo Sistanto M.Si, yang dihadiri juga Kepala Bidang Komunikasi Publik, Maryanto, S.Ap, ME. Plt Kepala Dinas Kominfo Ketapang, mengapresiasi adanya pelatihan pemanfaatan media informasi untuk promosi kegiatan KIM di era digital. Perubahan jaman yang cukup pesat, maka keberadaan digital sangat diperlukan dimasa saat saat ini. “Saya sangat berterima kasih, teman-teman KIM hadir mengikuti pelatihan ini, walaupun pelatihan ini singkat, saya harap dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, karena teknologi pada masa saat sekarang sangat berperan, dan harapan saya melalui pelatihan ini, KIM semakin dapat memanfaatkan teknologi dalam penyebarluasan informasi positip,” ucap Drs Nugroho Widyo Sistanto, M.Si, Plt Kadis Kominfo Ketapang.

KIM seperti lembaga media lokal yang meliput dan menyebarluaskan informasi seputar kegiatan lembaga masyarakat dan warga sekaligus media komunikasi antar-warga. Hal inis esuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) atau kelompok sejenis lainnya adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.KIM berperan memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarkat dan antar golongan masyarakat serta menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Publik, Maryanto, S.AP, ME mengucapkan terima kasih kepada kelompok Informasi Masyarakat yang hadier mengikuti pelatihan memanfaatkan teknologi informasi dan keomunikasi di era digital saat ini. Melalui kemajuan teknologi internet, harapannya KIM dapat me nyebarluaskan informasi  promosi kegiatan, termasuk juga kegiatan-kegiatan masyarakat melalui media sosial maupun internet dalam rangka menyebarluasn infromasi seputar Lembaga dan kegiatan masyarakat sehingga diketahui masyarakat yang lain.

Sebagai kelompok informasi masyarakat yang dibentuk untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah,  membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama, dan  mengembangkan jaringan informasi buat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan. Maka Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Ketapang berharap pelatihan ini dimanfaatkan seefektif mungkin. “Jangan segan-segan untuk bertanya, kepada narasumber jika ada hal-hal yang tidak difahami,” ucap Maryanto.

Pelatihan pemanfaatan media Infromasi untuk promosi kegiatan KIM di era digital ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang menghadirikan tiga narasumber yang memahami langsung teknologi dan informasi. Tampil sebagai sebagai narasumber diantaranya, Merli Andika S.Kom, Eko Susilo Hardiyanto S.Kom, dan Muhamad Faisal, S.Kom. Dari prose pelatihan ini diharapkan KIM dapat dibekali kemampuan dasar dalam literasi digital sehingga pada akhirnya ikut dalam mengantisipasi banyaknya informasi negative. Dengan memanfaatkan tekenologi Informasi, diharapkan KIM dapat memanfaatkan media sosial maupun website dalam promosi kegiatan kelembagaan KIM dan kegiatan masyarakat . dengan demikian, semakin banyak informasi positip. Maka akan semakin meningkatkan wawasan masyarakat akan peran pemerintah dalam membangun daerah.@