Plt Kadis Kominfo Tinjau Pembangunan Menara POI BAKTI Kementerian Kominfo RI

Melalui program Kontribusi Pelayanan Universal/ Universal Service Obligation (KPU/USO) perusahaan telekomunikasi yang di kelola Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI, maka sejumlah desa yang tanpa sinyal di Propinsi Kalbar juga mendapat perhatian pemerintah pusat. Selain beberapa kabupaten di Kalbar, wilayah 3 T (Tertinggal, terdepan dan terluar) di Kabupaten Ketapang juga diperhatikan BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pemerataan telekomunikasi dari pemerintah pusat ini rencananya akan menjangkau sekitar 97 desa yang selama ini tidak tersentuh sinyal. Program ini digulirkan mulai tahun 2021 sampai tahun 2024. Tahapan kegiatan yang dimulai dari survey pada tahun 2020 berlanjut mulai tahun 2021 dengan tahapan pembangunan dilakukan perusahaan Mitra BAKTI. Salah satu mitra BAKTI Kementerian Kominfo RI adalah fiberhome yang membangun menara induk/Point Of Interest (POI). Pembangunan tersebut dilaksanakan di lahan milik Pemkab Ketapang yang terdaftar di BPKAD Ketapang.

Lokasi menara induk tersebut terletak di Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan. Pembiayaan dan pembangunan fisik langsung dilaksanakan BAKTI Kementerian Kominfo RI. Pelaksanaan pembangunan oleh perusahaan fiberhome (mitra BAKTI) pada hari Rabu (22 September 2021) ditinjau Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Ketapang, Drs Nugroho Widyo Sistanto M.Si**