Masyarakat Dukung Percepatan Infrastruktur Telekomunikasi

Teks Foto: //Pj Camat Muara Pawan dan staf Teknis Seksi Penyebaran Pemanfaatan dan Staf Teknis Seksi Penyebaran Pemanfaatan dan Pengawasan Telematika Diskominfo Ketapang, Rabu (16 Juni 2021) di Kantor Desa Mayak memberikan penjelasan ke masyarakat Desa Mayak Kecamatan Muara Pawan terkait rencana pembangunan menara BTS BAKTI Kominfo RI dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur ekosistem TIK untuk mengurangi kesenjangan telekomunikasi//

Kewajiban Pelayanan Universal atau Universal Service Obligation   (KPU/USO) merupakan sebuah program yang dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Program KPU/USO ini merupakan kewajiban pemerintah melalui Kementerian Informatika melalui BAKTI memberikan pelayanan universal kepada masyarakat untuk mengurangi kesenjangan digital di di daerah 3T (Terdepan, terluar, tertinggal) yang secara ekonomi sulit dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi komersil.

Mengikis kesenjangan digital di Kabupaten Ketapang, Propinsi Kalimantan Barat juga tidak terlepas dari perhatian pemerintah melalui proyek strategis nasional (PSN), utnuk mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Untuk Kabupaten Ketapang yang memiliki luas 31.588 KM persegi, atau kabupaten terluas di Kalimantan Barat (sekitar 23,59 persen), dengan jumlah penduduk pada akhir tahun 2020, sekitar 574 ribu yang mendiami 20 kecamatan dan 262 desa/kelurahan diketahui sekitar 55 persen belum terjangkau pelayanan telekomunikasi. Dalam mendukung digitalisasi bagi masyarakat, salah satu lokasi yang perlu dibangun menara BTS penguat signal untuk masyarakat setempat sekaligus menghubungkan ke desa-desa blankspot di wilayah pedalaman, diantaranya direncanakan di Desa Mayak, Kecamatan Muara Pawan.

Menjelaskan manfaat pembangunan menara yang rencanakan terletak pada lokasi lahan milik pemerintah desa tersebut, maka Rabu (16 Juni 2021) Aparat Desa Mayak bersama Mahadi S.Ap, ME, Pj Camat Muara Pawan memfasilitasi staf teknis Seksi Penyebaran, Pemanfaatan dan Pengawasan Telematika Bidang Informatika Dinas Kominfo Ketapang bersama pihak Mitra BAKTI Kominfo RI memberikan penjelasan rencana pembangunan tersebut. Penjelasan kepada masyarakat dilakukan di Balai Desa Mayak, bertujuan agar masyarakat mengetahui pembangunan menara tersebut merupakan upaya pemerintah mengatasi kesenjangan telekomunikasi di wilayah Kabupaten Ketapang. Dimana, program ini berbeda dengan pembangunan menara telekomunikasi yang dikelola perusahaan komersil. Program BAKTI ini merupakan usulan pemerintah daerah, bekerjasama dengan BAKTI Kominfo RI untuk membangun daerah 3T yang tidak menjadi skala prioritas provider komersil.

Dalam penjelasan bersama masyarakat, diketahui program KPU/USO merupakan implementasi kerjasama pemerintah daerah dan Kementerian Kominfo RI. Kelancaraanya, baik penyediaan lahan, maupun perizinan difasilitasi oleh pemerintah propinsi. pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan sampai pemerintah desa. Melalui infrastruktur telekomunikasi diharapkan, akan mendorong peningkatan layanan pemerintahan, percepatan ekonomi, dan pendidikan yang saat ini sudah sangat tergantung dengan kemajuan teknologi.

Setelah penjelasan yang disampaikan, masyarakat Desa Mayak, Kecamatan Muara Pawan sangat mendukung program penyediaan infrastruktur. Manfaat pembangunan infrastruktur yang difasilitasi oleh BAKTI Kominfo RI dan Pemerintah daerah ini, tujuannya adalah untuk membangun masyarakat.@