Koordinasikan Bakohumas, Komisioner KPU Silaturahmi ke Dinas Kominfo Ketapang

MENINGKATKAN kelancaran arus informasi dan mengatasi kesenjangan informasi antar instansi pemerintah dan lembaga, perlu dilakukan koordinasi dan kerja sama antar unit kerja bidang hubungan masyarakat. Dalam pelaksanaan kegiatan hubungan masyarakat perlu dikembangkan dan diberdayakan tugas dan fungsinya untuk menjalankan peran koordinasi, integrasi, sinergi dan sinkronisasi antar unit kerja bidang hubungan masyarakat. Pentingnya koordinasi, sinergi dan sinkronisasi antar unit kerja ini, maka menjadi focus untuk dibentuknya Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Republik Indonesia nomor 35 tahun 2014.

Seiring dengan rencana Pelaksanaan Pesta demokrasi serentak pada tahun 2024, yang merupakan agenda besar dan pertama sedunia. Maka sejak dini perlu dilakukan tahapan-tahapan koordinasi dalam mencegah masalah yang bisa muncul pada masa tahapan Pesta demokrasi terbesar di tanah air tersebut. Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi ini, Rabu (16 Juni 2021) anggota Komisioner KPU Ketapang melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang. Koordinasi pihak KPU Ketapang diterima pejabat structural Dinas Kominfo yang diwakili Andy Candra, Kasi Penyebaran, Pemanfaatan dan Pengawasan Telematika Bidang Informatika, yang juga merangkap sebagai Plt. Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Bidang Komunikasi Publik, didampingi Uti Muzardi staf seksi PIPK.

Dalam koordinasi ini, pihak Ari As’ari, M.I.Kom, komisioner KPU Ketapang didampingi Jabidi Erwan, S.Sos, Kepala Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Ketapang menjelaskan bahwa kepengurusan Bakohumas KPU Ketapang sudah terbentuk. Harapanya dengan koordinasi ini, kedepan akan terjalin komunikasi yang baik antara humas yang ada di OPD pihak terkait lainnya. Begitu juga pentingnya keberadaan Badan Koordinasi humas dalam mengantisipasi sejak dini persoalan yang muncul. Apalagi, agenda besar bangsa ini akan melakuan Pemilu serentak. “Dan ini merupakan agenda terbesar di ditanah air, ini juga merupakan yang pertama kali sedunia,harapan kami melalui bakohumas, hubungan dengan mitra komunikasi public juga akan semakin baik dan, nantinya  data informasi pemilu dapat terus diupdate dengan baik dalam penyebarluasan informasi ke publik” tegasnya.

Harapanya, dengan meningkatkan koordinasi ini, kemitraan dengan insan humas akan dapat terus ditingkatkan termasuk mendeteksi sejak dini permasalahan sehingga tidak berkembang. Demikian juga menjaga kemitraan secara efektif sehingga koordinasi denagns emua pihak berjalan dengan baik.

Koordinasi pihak KPU ke Dinas Kominfo disambut baik. Hubungan baik antara terus dilakukkan, tidak hanya para pengurus Bakohumas. Dengan intensifnya koordinasihumas, diharapkan tercipta  SDM Kehumasan disetiap organisasi perangkat daerah maupun organisasi lainnya yang berkualitas, komunikatif, aspiratif, profesional dan kompeten.Demikian juga terciptanya hubungan kemitraan yang baik dengan para pemangku kepentingan terkait dalam penyampaian informasi kepemiluan secara berjenjang dan berkelanjutan. Tidak kalah penting adalah tersosialisasinya kebijakan dan program organisasi dengan baik ke public.

Dengan demikian hubungan yang baik akan membangun opini publik yang positif terkait informasi dan menyebarluaskannya secara masif. Begitu juga, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi dan meningkatkan citra lembaga serta kepercayaan public. Dengan hubungan yang baik akan mejadikan penyediaan data, dan pelayanan informasi publik terupdate dengan baik.@