Maksimalkan E-Goverment, Diskominfo Ketapang Serahkan Website ke Seluruh Admin Perangkat Daerah

SALAH satu strategi di dalam melaksanakan pengembangan e-government secara sistematik dalam pelayanan publik, maka keberadaan website pemerintah memegang peranan penting. Perkembangan website ini sudah sejak lama disadari pemerintah Kabupaten Ketapang.  Karena itu,dalam  pemanfaatan teknologi Informasi ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang, sejak tahun 2019 sudah menetapkan nama-nama  domain untuk perangkat daerah.

Pelayanan pengusulan/pendaftaran nama domain,pengaktifan maupun  perubahan sudah dilakukan. Akan tetapi, dalam pembangunan laman website, , pihak dinas Kominfo Ketapang sesuai dengan Peraturan Bupati Ketapang  Nomor 44 Tahun 2018, tentang Pemanfaatan TIK, maka Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan ruang kepada perangkat daerah untuk membangun website masing-masing. Seiring perkembangan waktu, ternyata hanya sebagian perangkat daerah yang membangun website dengan domain yang sudah ditentukan.

Dalam rangka percepatan pembangunan website perangkat daerah, maka selain menetapkan nama domain, Dinas Komunikasi dan Informatika Ketapang akhirnya bulan Juni 2021, Dinas Kominfo Ketapang mengundang seluruh admin perangkat daerah. Kemudian, pada 7 Juni 2021 website perangkat daerah diserahkan ke perangkat daerah. Dari tampilan dasar yang sudah diaktifkan admin perangkat daerah tinggal menyesuakan dengan tampilan masing-masing. Selaiin itu, pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Ketapang juga membuka ruang koordinasi secara langsung maupun konsultasi dengan pengisian tampilan website melalui whatapps.

Penyerahan website untuk perangkat daerah, dilakukan Senin (7 Juni 2021) pagi oleh Kepala Seksi Pengolahan Data Elektronik, Merly Andika S.Kom. Selain koordinasi dan arahan kepada admin perangkat daerah termasuk Puskesmas. Sdelanjutnya, Senin (7/6) siang, para admin kecamatan dan beberapa desa juga langsung diberikan arahan oleh Eko Susilo Hardiyanto, S.Kom dari Seksi Pemanfaatan, Penyebaran dan Pengawasan Telematika.

Harapannya dengan diserahkannuya website kepada para admin perangkat daerah, maka pemanfaatan media informasi dan komunikasi dapat digunakan instansi pemerintah dalam menginformasikan pelayanan kepada masyarakat/publik secara maksimal, mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan yang dilakukan. Harapannya melalui website ini, masyarakat  memperoleh informasi secara mudah, benar, adil, dan luas cakupan. @