Musrenbang Kecamatan Tahun 2021 Dengan Zoom Meeting

Guna mencegah penyebaran virus corona, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang melaksanakan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan dengan menggunakan aplikasi zoom. Musrembang dengan sistem zoom meeting atau virtualini merupakan pertama kali dilakukan di Kabupaten Ketapang. Adapun jadwal pelaksanaan musrenbang kecamatan adalah pada hari Senin sampai hari Kamis (8-11 Februari 2021).

Ada pun zoom meeting yang dilaksanakan pada hari Senin (8 Februari 2021) untuk Kecamatan Matan Hilir Utara, Simpang Hulu, Sandai, Tumbang Titi, Manismata, dan Kendawangan. Sedangkan pada hari Selasa (9 Februari 2021), diantaranya Kecamatan Muara Pawan, Simpang Dua, Hulu Sungai, Jelai Hulu, Air Upas, dan Matan Hilir Selatan. Kemudian pada hari Rabu Delta Pawan, Sungai Laur, Nanga Tayap, Pemahan, Singkup, dan Benua Kayong. Pada Hari Kamis (11 Februari 2021) dilaksanakan pada Kecamatan Sungai Melayu Rayak, dan Marau.

“Masa pandemi Covid 19 belum juga berakhir, namun kegiatan rutin tahunan yakni Musrenbang kecamatan harus tetap di laksanakan. Mengingat pentingnya kegiatan ini dalam menyusun perencanaan pembangunan di Kabupaten Ketapang tahun 2022 mendatang,’ tegas Drs Nugroho Widyo Sistanto, M.Si, Plt Kadis Kominfo Kabupaten Ketapang.

Dalam mengatasi kendala ini, Bappeda selaku pelaksana program bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang memanfaatkan teknologi zoom meeting guna mengatasi kendala dimasa pandemi dimana masyarakat di larang berkumpul, atau melakukan kegiatan berkerumun. Zoom meeting yang dilakukan kali ini adalah selain menjadi pilihan dalam rapat koordinasi. Selain itu sebagai salah satu cara mengedukasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 yakni hindari kerumunan ,gunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir.

Ditambahkan, Maryanto, S.AP, ME, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang berharap pilihan Bappeda Ketapang dalam pelaksanaan Musrenbang kecamatan menggunakan zoom meeting, dengan beberapa pertimbangan dikatakannya sangat bijak dan hemat. Trial zoom meeting yang di laksanakan ini sangat baik, terutama di masa pandemi ini. Setidak-tidaknya ada beberapa keuntungan yang di peroleh yakni, mendukung protokol Covid 19, efisiensi anggaran (perjalanan dinas), hemat waktu dan transparansi informasi, dan sebagainya.

“Adapun kendala yang dihadapi sementara ini adalah kekuatan signal internet, mengingat masih ada di beberapa kecamatan yang belum maksimal menerima akses internet,” ucap Maryanto.

Ada pun dalam pelaksanaan Musrenbang kecamatan yang berlangsung selama hari Senin dan Selasa, bisa berjalan dengan lancar. Usulan masyarakat yang disampaikan dalam Musrenbang ini, beberapa langsung ditindaklanjuti dan masuk dalam aplikasi perencanaan. Beberapa diantaranya ditampung dan dikomunikasikan OPD ketika musrebang propinsi, maupun melalui komunikasi ke pemerintah pusat. Tentunya dalam perencanaan tersebut di kedepankan skala perioritas, 1, 2, 3 dan seterusnya yang di bahas di Musrimbang.@