Tunjangan Kinerja Harian Diberlakukan Pada Tahun 2021

MULAI  tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Ketapang sudah menerapkan  tunjangan kinerja harian. Tunjangan kinerja tersebut tidak hanya didasarkan pada absensi, tetapi juga berdasarkan pada kinerja harian yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN).  Aparatur Sipil Negara diwajibkan melakukan absensi Fingerprint, dan mengisi kegiatan harian sesuai tugas pokok dan fungsinya melalui aplikasi yang dikembangkan tim aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika, dalam  mendukung program yang dikembangkan Pemkab Ketapang, khususnya Bagian Organisasi dan BKPSDM Ketapang.

Bagaimana menggunakan aplikasi “Sintari” yang terhubung dengan aplikasi “e-Kantorkite”, maka Tim Teknis Aplikasi Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang memberikan pemaparan dalam pertemuan yang diikuti seluruh PNS di Lingkungan Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, Rabu (23 Desember 2020). Salah satu tujuan dari pertemuan tersebut, supaya para ASN yang terdiri dari berbagai latar belakang kompetensi di lingkungan Dinas Kominfo kabupaten Ketapang memahami bagaimana penggunaan aplikasi tersebut. Dengan demikian, pada saat aplikasi sudah diterapkan secara oftimal pada tahun 2021, seluruh PNS bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Pertemuan  di ruang Kadis Kominfo Ketapang ini dibuka Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, Drs Nugroho Widyo Sistanto M.Si. Ia menerangkan upaya meningkatkan kedisiplinan, peningkatan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi organisasi, sudah lama dirancang Bagian Organisasi. Upaya pelaksanaan aturan kepegawaian tersebut, tentunya mengikuti perkembangan zaman. Jika masa lalu, manajemen kegiatan organisasi dilakukan menggunakan sistem manual. Maka, dengan perkembangan teknologi saat ini, maka teknologi sudah menjadi kebutuhan. Salah satunya, dalam adalah penggunaan aplikasi. Karena itulah, ia berharap, aplikasi yang dikembangkan ini dapat difahamkan terlebih dahulu kepada seluruh jajaran PNS yang ada di lingkungan Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang. Sehingga, para pegawai bisa menggunakan aplikasi yang dimaksud, pada saat aplikasi tersebut sudah diterapkan pada tahun 2021.

Setelah, dibuka Plt Kepala Dinas Kominfo kabupaten Ketapang yang juga staf ahli Bupati Ketapang bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, maka Merli Andika S.Kom, Kepala Seksi Pengolahan data Elektronik (PDE) Bidang Informatika, menjelaskan latar belakang diterapkannya aplikasi Sintari dan e-Kantorkite dalam penerapan tunjangan kinerja harian pada tahun 2021. Dimana, aplikasi yang dibuat tim teknis aplikasi Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang ini adalah sistem yang dibangun untuk mendukung kebijakan Pemerintah Daerah, khususnya Bagian Organisasi, BKPSDM dan BPKAD.  Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang yang terlibat dalam tim ini, membuat aplikasi yang dibutuhkan. Bagaimana menggunakan aplikasi tersebut, menjadi agenda pertemuan di lingkungan Dinas Kominfo kabupaten Ketapang. Difahami, walaupun aplikasi ini dibuat tim aplikasi Kominfo, tentu tidak semua PNS memahami bagaimana cara menggunakannya. Apalagi, ASN di Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang  berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan keahlian yang berbeda-beda.

Pemaparan dari Kasi PDE, tidak haya pada materi, tetapi dilanjutkan dengan pengenalan penggunaan aplikasi. Para ASN di Dinas Kominfo Ketapang diajarkan bagaimana menggunakan aplikasi, baik mengisi kinerja harian, memverifikasi hasil kegiatan harian dan lain-lain. Sejumlah  pertanyaan disampaikan, dan langsung dijawab penyaji. Salah satunya, dalam penggunaan aplikasi ini, nantinya wajib menggunakan e-mail “ketapangkab.go.id.”  Nama e-mail dan password akan diberikan kepada seluruh PNS setiap OPD. Aplikasi sudah siap digunakan, tinggal menunggu penyempurnaan jumlah dan profil ASN yang saat ini sedang diolah tim teknis dari instansi terkait.@