Diskominfo Lakukan Penguatan Internal

*Bertekad Masuk Kategori Informatif Tahun 2021

SETELAH digelar rapat koordinasi dan sosialisasi PPID Utama dan PPID Pembantu di aula Kantor Bupati Ketapang (15 Desember 2020), maka Dinas Komunikasi dan Informika Kabupaten Ketapang kembali melakukan rapat penguatan internal di ruang Network Operation Center (NOC). Rapat penguatan PPID yangd ilakukan Diskominfo Kabupaten Ketapang ini mengevaluasi sekaligus menentukan langkah-langkah startegis untuk tahun 2021. Rapat yang dipimpin Plt Kadis Kominfo Kabupaten Ketapang dihadiri Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, Soviar SH MH, Kabid Komunikasi Publik Maryanto S.AP, ME, bersama Plt Kasi Persandian, Aminin, dan staf administrasi Seksi Layanan Informasi dan Komunikasi Publik. Demikian juga,  Kabid Informatika, Muhammad Zuhri S.Kom, MH,bersama Merli Andika, S.Kom, Kasi PDE dan Andy Candra, Kasi P3T.

Dalam rapat ini dievaluasi pelaksanaan PPID Utama, baik penyediaan sarana, prasarana, instrumen transaksi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi. Termasuk mengevaluasi isi konten dalam website PPID utama, kelengkapan administrasi dan lain sebagainya. Pembahasan juga membahas langkah-langkah yang akan diambil bidang Komunikasi Publik sebagai pelaksana PPID yang didukung bidang Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang.  “Dalam setiap pertemuan, selalu saya sampaikan bahwa pekerjaan yang ditangani Dinas Kominfo Ketapang, berhubungan erat dengan seluruh OPD, karena itu dari pertemuan ini saya berharap kita bisa mengurai persoalan yang ada dan bertahaf memperbaiki pelayanan sehingga dicapai hasil yang diharapkan,” tegas Plt Kadis Kominfo Kabupaten Ketapang.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang, yang juga staf ahli Bupati Ketapang bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik menegaskan Dinas yang dipimpinnya baru berjalan dalam empat tahun. Sebelum Dinas Kominfo Ketapang terbentuk, urusan komunikasi dan informasi ditangani dibidang Kominfo yang tergabung di Dishub Ketapang.  Perjalanan organisasi yang masih pendek ini, tentu saja peningkatan manajemen pengelolaan PPID, SPBE, Satu Data, SP4 Lapor dan lain-lain dilakukan secara serius dan professional. Mencapai hasil yang maksimal, tentu dukungan pendanaan, SDM,  dan lain-lain dilakukan dengan kerja keras semua pihak. Plt Kepala Dinas Kominfo Ketapang yakin, kebersamaan dan kekompakan yang terjaga selama ini, maka pada 2021 komitmen menjadikan Badan Layanan Publik di Kabupaten Ketapang sudah masuk dalam kategori informative. Tentu saja mewujudkannya, dukungan semua OPD, sebagai Badan Publik di Kabupaten Ketapang sangat berperan penting. Semua OPD diharapkan sudah memiliki SK PPID Pembantu dan memaksimalkan pelayanan di instansi masing-masing.

Pelayanan yang berbasis Informasi dan Dokumentasi ini bersifat terbuka agar keterbukaan Informasinya dari Pemerintah kepada masyarakat bisa dirasakan oleh masyarakat melalui sumber yang akurat dan terpercaya. Maryanto S.AP, ME, Kepala Bidang Komunikasi Publik akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan komitmen bersama mewujudkan pelayanan public melalui PPID akan lebih informative pada tahun 2021. Selain OPD sudah membuat SK PPID Pembantu sebagimana diamanahkan Undang-Undang. Maka PPID Pembantu diharapkan bisa mengumpulkan rekap layanan informasi. Sebab, selain rekap layanan informasi yang disampaikan, maka hal tersebut juga bagian dari proses penguatan  satu data (one data) sebagaimana diamanahkan Peraturan Presiden Republik Indonesia. “Dari rapat yang dilaksanakan pada hari ini, kami dari Bidang Komunikasi Publik akan melengkapi segala sesuatunya, agar pada tahun 2021 nanti, pelayanan public di Kabupaten Ketapang sudah memasuki kategori informatif,” tegas Kabid Komunikasi Publik.

Sejumlah masukan dari bidang Informatika, baik disampaikan Muhamad Zuhri S.Kom, M.H, Kabid Informatika, maupun Merli Andika (Kasi PDE) dan Andy Candra (Kasi P3T). Demikian juga masukan dari Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, Soviar SH MH. Masukan tersebut dicatat oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik, untuk  ditindaklanjuti  dalam menentukan langkah kedepan. Khususnya mewujudkan komitmen menjadikan Badan Layanan Publik di Kabupaten Ketapang mendapat penilaian Informatif pada Tahun 2021.**