Rapat Koordinasi Bahas Bantuan BAKTI Kominfo RI

Kabupaten Ketapang yang memiliki luas 31.588 Km2 atau 24,39 persen Kalimantan Barat, dengan jumlah penduduk 574,217 jiwa (data Dukcapil Kalbar Semester I Tahun 2020), menyebar di 20 kecamatan, 253 desa dan 9 Kelurahan. Luas wilayah seperempat Kalbar dan alokasi anggaran pemerintah juga terbatas, maka infrastruktur seperti jalan, listrik dan sarana telekomunikasi yang diperlukan masyarakat dalam melakukan percepatan pembangunan ekonomi juga dirasakan belum merata. Apalagi, jarak antara dusun, desa dan kecamatan juga terpisah puluhan kilometer.

Untuk sarana telekomunikasi, di era pandemi Covid-19 saat ini dirasakan masyarakat sebagai sebuah kebutuhan. Untuk belajar daring dari rumah, belum dapat dinikmati siswa di kecamatan. Kondisi ini berbanding terbalik, dengan siswa diibukota kabupaten yang akrab dengan teknologi. Masyarakat di kecamatan, juga terbatas mengakses teknologi. Apagi di desa, “bocoran signal” telepon kadang didapat, tapi tidak bisa diakses walaupun hanya untu mengirim SMS atau bertelepon sekedar memberi kabar. Bahkan, masih banyak desa yang kondisi “Blankspot” signal telekomunikasi…keluhan dan harapan pada telekomunikasi ini cukup banyak disampaikan masyarakat kecamatan, khususnya dimasa era pandemi seperti ini. Adanya bantuan sarana Telekomunikasi dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI pada beberapa desa selama ini manfaatnya dirasakan membantu masyarakat. Bantuan sarana telekomunikasi tersebut seakan memberikan angin segar adanya perhatian dari pemerintah terhadap masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok.

Walaupun dari beberapa sarana telekomunikasi tersebut, ada kendala teknis seperti di Menyumbung tidak lagi beroperasi, maupun di Desa Selangkut Raya mengalami kerusakan, tidak menyurutkan harapan masyarakat pedesaan berharap banyak pada teknologi telekomunikasi. Tingginya harapan masyarakat tersebut, adanya rencana BAKTI Kementerian Kominfo RI menata ekosistem telekomunikasi di wilayah Kabupaten Ketapang menjadi angin segar bagi masyarakat yang rindu akan sarana telekomunikasi menjangkau pemukiman mereka. Menindaklanjuti pembahasan antara pemerintah daerah bersama BAKTI, baik menyangkut kucuran bantuan tahun 2019 maupun rencana kedepan, maka Pemkab Ketapang, melalui Bidang Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, Jumat (6 November 2020) melakukan rapat teknis di ruang rapat Sekda Ketapang.

Rapat dipimpin langsung staf ahli Bupati Ketapang, yang juga Plt Kadis Kominfo Kabupaten Ketapang, Drs Nugroho Widyo Sistanto M.Si, dihadiri ,Kepala Dinas PMPTSP Ketapang, Kepala Dinas Perkim LH, Kabid Informatika bersama para Kepala Seksi, Kabid Tata Ruang PUTR, Bidang Asset BPKAD Ketapang, Bappeda Ketapang, dan Bagian Hukum Setda Ketapang. Rapat teknis ini membahas kajian kajian terkait bantuan BAKTI Kominfo RI tahun 2019 maupun rencana kedepan, dalam rangka percepatan kebijakan sehingga saling sinergis dan harmonis dalam perencanaan dan pelaksanaan di lapangan dalam mensukseskan program pemerintah di wilayah Kabupaten Ketapang.***