Pj. Sekda Ketapang Hadiri Penutupan Karya Bhakti TNI

**Bangun Jalan dan Jembatan Hubungkan Desa Sepotong dengan Desa Merabu

Karya Bhakti TNI yang berlangsung di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang selesai dilaksanakan. Penutupan Karya Bhakti TNI membangun jalan dan jembatan Desa Sepotong ke Desa Merabu Jaya di Kecamatan Sungai Laur, dihadiri Pj Sekda Ketapang, Drs Heronimus Tanam ME bersama unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah OPD) Kabupaten Ketapang, Kamis (22 Oktober 2020).Sebelum peresmian, rombongan OPD berangkat dari Kota Ketapang pada hari Rabu (21 Oktober 2020) dan menginap di Sungai Laur. Kemudian, Kamis pagi melanjutkan perjalanan menuju lokasi kegiatan di Desa Selangkut Raya.

Pj.Sekda beserta rombongan terdiri dari OPD dan Komandan Kodim 1203 Ketapang, disambut oleh Camat Sungai Laur bersama Forkompimcam beserta para kepala desa, tokoh masyarakat desa Selangkut dan sekitarnya. Acara penyambutan dilakukan secara adat dengan di tandai penyerahan Mandau kepada Dandim yang selanjutnya melakukan tebas bambu.Dalam sambutannya Komandan Kodim 1203 Ketapang, Letkol (Kav) Suntara Wisnu Budi Hidayanto, SH, M.Sc menyerahkan hasil karya Bhakti TNI kepada pemerintah daerah. Penyerahan hasil karya Bhakti TNI ini, karena pembangunan jalan dan jembatan dari desa sepotong hingga desa Merabu Jaya sudah selesai dan dapat di manfaatkan oleh masyarakat. Dandim berharap dan berpesan kepada masyarakat agar sarana jalan yang telah terbangun ini dijaga baik-baik untuk kepentingan bersama terutama dalam menunjang perekonomian masyarakat.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat desa Selangkut mewakili lapisan masyarakat mengucapkan ribuan terima kasih kepada TNI (Kodim 1203 Ketapang) dan Pemerintah Kabupaten Ketapang yang telah membangun jalan di desanya sehingga mobil dapat masuk ke desa-desa sekitarnya. Menurut sosok yang dipanggil Pak Tomo ini bahwa masyarakat siap menjaga kondisi jalan tersebut. “Kamu berharap dapat ditingkatkan pembangunan di segala bidang seperti sarana kesehatan, Komunikasi telepon dan internet serta kebutuhan lainny,a” katanya.Selanjutnya, Pj. Sekda Drs. Heronimus Tanam, ME dalam sambutannya, menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Kodim 1203 Ketapang atas kerjasamanya dalam Karya Bhakti TNI yang sudah banyak di lakukan selama ini termasuk kegiatan saat di Kecamatan Sungai Laur.

“Kepada masyarakat, agar menjaga dan mengawasi penggunaan jalan tersebut, jangan di biarkan kendaraan dengan beban yang berat melintas bebas, terlebih lagi jembatan yang di bangun dengan menggunakan balok kayu ini sangat rawan, maka perlu di awasi oleh masyarakat,” tegas Pj Sekda Ketapang.Pj.Sekda juga menjawab laporan masyarakat terkait kesulitan masyarakat dalam berkomunikasi, bahwa BTS telekomunikasi selular yang ada di desa Selangkut dalam waktu dekat ini akan dilakukan perbaikan oleh pihak provider yang saat ini sedang melakukan perbaikan di beberapa desa dengan kerusakan yang sama. Kendala saluran telekomunikasi bantuan pemerintah pusat ini sudah diteruskan Dinas Kominfo Ketapang ke pihak terkait.

Sarana telekomunikasi saat ini sangat didambakan warga Kecamatan Sungai Laur yang memiliki 19 desa, diantaranya: Desa Bayun Sari, Bengaras, Harapan Baru, Kepari, Lanjut Mekarsari, Merabu Jaya, Randau Limat, Riam Bunut, Selangkut Raya, Sepotong, Sinar Kuri, Suka Ramai, Sungai Daka, Tanjung Beringin, Teluk Bayur, Tanjung Maju, Sempurna dan Teluk Mutiara. Pada kecamatan yang memiliki luas 1.651 km persegi ini, sarana pendukung telekomunikasi terdapat di ibukota kecamatan Sungai Laur.

Selain itu, masyarakat beberapa desa juga terbantu dengan sarana telekomunikasi bantuan BAKTI Kominfo RI yang terletak di Desa Selangkut Raya dan Desa Teluk Mutiara. Terkait pentingnya sarana telekomunikasi ini, harapannya kedepan, pihak provider tertarik menanamkan investasi disektor ini. Selain itu, pemerintah daerah akan berusaha semaksimal menyampaikan harapan masyarakat kepada ke pemerintah pusat, melalui kementerian terkait.Seluruh asset baik jalan, jembatan, saluran telekomunikasi dan fasilitas lainnya, diharapkan Pj Sekda Ketapang agar masyarakat juga berperan aktif untuk saling menjaga dan merawatnya. Dengan fasilitas yang terjaga, manfaatnya juga untuk kepentingan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Ketapang juga menyerahkan bantuan kursi roda kepada penyandang cacat. Demikian juga bantuan lainnya kepada warga setempat.Acara penutupan kegiatan berakhir dilanjutkan peninjauan dan peresmian jembatan di dusun Mungguk Meranang didahului pengguntingan pita oleh Pj.Sekda Ketapang dan uji lintas jembatan oleh kendaraan rombongan.Pj.Sekda bersama Dandim dan rombongan berpamitan kepada masyarakat untuk kembali ke Ketapang.@