Dinas Kominfo Ketapang Siap Fasilitasi Sekolah Lakukan Pembelajaran Sistem Online

*E-Learning Terintegrasi Pada Aplikasi Enggang Dinas Kominfo Ketapang

SELAMA masa pandemi Covid 19, Pemerintah meminta sekolah-sekolah melakukan pembelajaran dari rumah dengan system daring atau online. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Di masa Pandemi Covid 19,Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Pentingnya proses belajar mengajar tetap berlangsung, belum lama ini pihak SMKN 02 Ketapang melakukan diskusi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang terkait dengan system e-learning.

Dari beberapa kali pertemuan, selanjutnya disepakati program e-Learning disinergiskan dengan aplikasi enggang Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang. Pertemuan selanjutntya ditindaklajuti dengan melibatkan beberapa sekolah di Kabupaten Ketapang. Dimana, beberapa kepala sekolah di Kota Ketapang melakukan pertemuan kembali di Dinas Kominfo Ketapang.  Bahkan, Metode aplikasi e-learning yang terintegrasi pada aplikasi Enggang Dinas Kominfo, saat ini juga sudah mulai diworkshopkan pada guru-guru di SMKN 02 Ketapang.

Pentingnya pembelajaran dengan e-learning, selanjutnya ditindaklanjuti kembali dengan  rapat koordinasi bersama wakil kepala sekolah, serta kepala seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Ketapang, pada hari Jum’at (17 Juli 2020). Dari rapat para wakil kepala sekolah dan tenaga teknis (administrator) dari SMKN 02 Ketapang, SMAN 01 Ketapang, SMA St Yohanes, Madrasah Aliyah Negeri Ketapang, dihadiri juga  para Kasi Kurikulum di Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang. Rapat koordinasi ini langsung dipandu oleh Kasi Pengolahan data Elektronik  Bidang Informatika, Merli Andika, S.Kom bersama Eko Susilo Hardianto S.Kom. Rapat teknik implementasi E-Learning Kabupaten Ketapang yang dilaksanakan di ruang Network Operation Center (NOC) Kabupaten Ketapang, Jum’at (17 Juli 2020) pagi.

Para  wakil kepala sekolah, administrator dan kasi dinas pendidikan yang hadir diantarahya: Eko Wahyudi, V.Titin Rohayati, Bustan S, Freddy T, Wahyono, Tofik Kurahman, Anggoro, Karlika, Dodi W, Burhanuddin, Saka, Mirdahayu, Nurhalinda, Erastus Evensus,  dan F.Dwi Hartanto.

Dari rapat ini difahami bahwa aplikasi e-learning  akan  terintegrasi pada aplikasi Enggang Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang.  Aplikasi ini pada dasarnya bisa dimanfaatkan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Ketapang.Untuk mengaksesnya tergantung pada infrastruktur teknologi dan akses yang ada pada sekolah. Setelah mendengar penjelasan  langsung dari Kasi Pengolahan Data Elektronik Bidang Informatika Kabupaten Ketapang, pihak sekolah yang hadir angat mendukung.  Karena program tersebut dapat membantu proses belajar mengajar  serta menyiapkan sumber daya manusia yang tanggap pada perkembangan teknologi. Demikian juga pihak Dinas Pendidikan Ketapang mendukung dan berharap aplikasi serupa dapat dirancang untuk belajar mengajar untuk SMP/SD dan TK di Kabupaten Ketapang. Infrastruktur pendukung disepakati akan disiapkan pihak sekolah.

Dari penjelasan Merli Andika S.Kom, Kasi Pengolahan Data Elektronik Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, aplikasi yang akan dikembangkan sesuai dengan guru dan. Tidak semua aplikasi pembelajaran daring bisa dipakai begitu saja. Namun harus dipertimbangkan sesuai kebutuhan guru dan siswa, kesesuaian terhadap materi, keterbatasan infrastrukur perangkat seperti jaringan. Tentunya, keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuansekolah  dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi siswanya tetap semangat dalam belajar secara daring (online) dan tidak menjadi beban psikis. Di samping itu, kesuksesan pembelajaran daring tergantung pada kedisiplinan semua pihak. Oleh karena itu, pihak sekolah/madrasah di sini perlu membuat skema dengan menyusun manajemen yang baik dalam mengatur sistem pembelajaran daring. Hal ini dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simpel untuk memudahkan komunikasi orangtua dengan sekolah agar putra-putrinya yang belajar di rumah dapat terpantau secara efektif.

“Pihak sekolah yang bersepakat menggunakan aplikasi e-learning dalam proses  pembelajaran daring, maka pihak sekolah menyiapkan perangkat infrastrukturnya, kemudian dapat membuat surat ke Dinas Kominfo Ketapang, selanjutnya pihak Dinas Kominfo Ketapang nantinya akan menindaklajuti ke sekolah memberikan pelatihan penggunaan aplikasi e-learning tersebut, ini yang disepakati dalam rapat koordinasi tadi, “ tegas Eko S Hardianto, S.Kom, dari Seksi PPP Telematika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang.@