Rapat Koordinasi Implementasi E-Learning Kabupaten Ketapang

Kemajuan teknologi jaringan komputer dan pesatnya perkembangan internet, telah memungkinkan semua pihak untuk dapat menerapkannya di segala bidang termasuk dunia pendidikan dan pelatihan. Terlebih lagi dimasa pandemic Covid 19 tahun 2020,  keberadaan teknologi dirasakan dapat membantu menjembatani pembelajaran  di dunia pendidikan. Dalam pemanfaatan teknologi ini, maka Senin (13 Juli 2020), Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Ketapang melaksanakan rapat koordinasi implementasi E-Learning Kabupaten Ketapang.

Rapat dipimpin langsung Plt Kadis Kominfo Kabupaten Ketapang, Drs Nugroho Widyo Sistanto M.Si  didampingi Kabid Informatika dan Kabid Komunikasi Publik serta para Kepala Sekolah SMK/SMA yang ada di Kota Ketapang. Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang berharap adanya aplikasi E-Learning Kabupaten Ketapang yang nantinya akan diimplementasikan di SMA/SMK di Kota Ketapang diharapkan dapat membantu perkembangan dunia pendidikan. Apalagi, aplikasi yang berawal dari niat pihak sekolah ini nantinya akan diintegrasikan dengan aplikasi Enggang Dinas Kominfo Ketapang. Rapat koordinasi ini membahas langkah selanjutnya dan diharapkan masukan dari pihak sekolah untuk menyempurnakan aplikasi yang dimaksud.

Selanjutnya integrasi aplikasi dijelaskan secara rinci oleh Merli Andika S.Kom, Kasi Pengolahan Data Elektronik Bidang Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang. Selain aplikasi yang akan diterapkan, menjadi penekanannya adalah keberadaan infrastruktur pendukung yang perlu difahami oleh pihak sekolah. Harapannya dengan dibangunnya sistem pendidikan berbasis jaringan komputer dan internet (e-learning). Maka tak hanya meningkatkan pengetahuan para siswa, khususnya di masa pandemic Covid 19 saat ini. Tetapi juga membantu tugas-tugas pihak sekolah, termasuk supervise dan lain sebagainya, dimana biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.@