Adaptasi Pandemi Covid-19, DTS 2020 Perbanyak Pelatihan Online Academy

Program Digital Talent Scholarship (DTS) Kementerian Komunikasi dan Informatika di tahun 2020 lebih banyak menggelar pelatihan Online Academy. Sebelum pandemi Covid-19, Kementerian Kominfo merencanakan pelatihan Fresh Graduate Academy (FGA) untuk lulusan alumni S1 dan Vocational School Graduate Academy (VSGA) untuk lulusan diploma dan SMK. 

“Tapi itu masih skemanya offline dengan sedikit kombinasi online untuk pembekalan soft skill-nya. Tapi dengan adanya Covid-19 ini Online Academyyang kita perbanyak,” ungkap Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris dalam Pembekalan Pelatihan Programming HTML, CSS dan JavaScript Online Academy DTS 2020, dari Jakarta, Selasa (16/06/2020).

Hedi Idris menjelaskan, awalnya pelatihan Online Academy ditargetkan diikuti hanya 10.000 orang, namun saat ini sudah mencapai 40.000 peserta untuk berbagai bidang.

“Pada hari ini kita melakukan pembekalan untuk Online Academy, khususnya untuk peserta programming HTML, CSS dan JavaScript dari Progate dengan peserta lebih dari 3 ribu orang,” ujarnya.

Melalui pelatihan Online Academy kali ini, peserta belajar secara mandiri (self-paced learning) melalui laptop atau komputer yang akan dipandu secara virtual oleh narasumber. Peserta juga mengikuti live session dan virtual lab, di mana peserta akan mengerjakan suatu project pada virtual lab dan group class.

“Sehingga diharapkan pada akhirnya semua dapat menyelesaikan pelatihan ini secara komprehensif, dan mendapatkan certificate of completion dari kami, dan yang terbaik nanti akan kita usahakan mendapatkan sertifikat global,” jelas Hedi

Lebih lanjut, Hedi menambahkan Pelatihan Online Academy dengan tema Programming HTML, CSS dan JavaScript bekerja sama dengan Progate sebagai salah satu mitra, “Tetapi mitra-mitra lain juga dari Google, Facebook, AWS dan termasuk dari Startup lokal, decoding dan juga Asosiasi Digital Marketing yang lokal. Jadi ini mitra kami yang semakin banyak tahun ini, ada mitra global teknologi, stratup lokal dan asosiasi di mana pada tahun pertama hanya satu (mitra), dan sekarang banyak pilihannya,” paparnya.

Pembekalan Pelatihan Online Academy DTS 2020 menghadirkan Anggota Komisi I DPR RI  Muhammad Farhan, dan Country Manager Progate Norman Ganto. Dengan dukungan dari berbagai pihak, Hedi berharap pelatihan tersebut terus dilakukan.

“Mudah-mudahan nanti dengan dukungan Komisi I dan Pak Menteri, pelatihan DTS ini akan berlanjut, dan kami yakin salah satunya adalah karena memang SDM digital ini sangat dibutuhkan,” pungkasnya.**

Sumber: Kominfo.go.id