Sembilan Desa Latih Aparat Desa di Dinas Kominfo Ketapang

*Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

PESATNYA perkembangan teknologi dan jumlah pengguna internet, maka peranan website dalam memberikan pelayanan publik kian dirasakan. Keberadaan website bagi pemerintah, termasuk pemerintah desa juga sangat penting dalam menempatkan sistem informasi desa. Keberadaan website desa menunjang transparansi kinerja Pemerintah. Hal ini juga selaras dengan amanat Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 maupun Permendes 22 Tahun 2016.

Pentingnya website dalam menunjang pemerintahan yang baik sesuai visi dan misi Bupati Ketapang, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang selalu membuka diri kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan dan pemerintah desa untuk memberikan pelatihan mendesign maupun pelatihan operator website desa. Pada Hari Selasa (25 Februari 2020), sebanyak 9 desa mengirimkan aparaturnya untuk dibekali ilmu menjadi operator website desa. Materi disampaikan tim teknis Bidang Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang di ruang NOC Dinas Kominfo Ketapang. Ada pun desa yang mengirimkan aparat desa untuk dibekali ilmu menjadi operator desa diantaranya: Desa Payak Kumang, Desa Mayak, Desa Sungai Awan Kiri, Desa Sungai Bakau, Desa Sungai Besar, Desa Riam Dadap, Desa Sungai Awan Kanan, Desa Tempurukan,  dan Desa Tanjung Pasar.

Menurut Plt.Kadis Kominfo Kabupaten Ketapang melalui Kabid Informatika, Muhamad Zuhri S.Kom, MH, di era teknologi saat ini banyak sekali manfaat website, termasuk bagi desa. Pada dasarnya, Kominfo sebagai pengelola domain di lingkungan Pemkab Ketapang, bisa saja membuatkan design bagi pihak desa. Akan tetapi, sangat efektif, jika pihak desa sendiri yang belajar mendesign. Karena dengan terlibat langsung mendesignnya, maka pihak desa akan langsung bisa mengoperasikannya. “Karena yang penting adalah bagaimana website itu terus terupdate dalam menunjang eksistensi pelayanan publik di desa, termasuk manfaat website dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di desa, karena melalui website, informasi tentang desa bisa diketahui keseluruh belahan dunia,” tegasnya langsung pamitan kepada peserta pelatihan operator website desa, untuk mengikuti audiensi ke Dinas Nakertrans Ketapang.

Dari laman : https://lendcreative.com/inilah-7-manfaat-website-untuk-desa-yang-penting-di-ketahui/ diketahui beberapa manfat website bagi desa, diantanya:

  1. Pengembangan Desa
  2. Publikasi Kegiatan Desa
  3. Meningkatkan Pelayanan Pemerintah Desa
  4. Sarana Komunikasi Dua Arah
  5. Promosi Potensi Desa
  6. Menjadi Portal Berita Online
  7. Sumber Data Yang Lengkap.