Hijaukan Kota Ketapang, Mari Kita Menanam Pohon

Pohon berperan penting dalam kehidupan kita.Selain sebagai sumber oksigen, pohon berfungsi sebagai penyejuk di teriknya sinar matahari. Beberapa manfaat pohon diantaranya: Mengurangi Dampak Pemanasan Global, Sumber Oksigen, Menyimpan Air dalam Tanah, Menyerap Polusi Udara,  Memperindah, Menyediakan Tempat Tinggal Hewan, Mencegah Banjir, Udara Tersebar merata, Mencegah Erosi.

Banyaknya manfaat pohon dalam kehidupan manusia ini, Pemerintah Kabupaten Ketapang kembali menggalakkan menanam pohon. Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si dan Kepala OPD Kabupaten Ketapang, Jumat (7/2) melakukan penanaman Pohon penghijauan di Jalan Gajah Mada Desa Kalinilam Kecamatan Delta Pawan, Ketapang.

Menurut Bupati Ketapang, Martin Rantan SH M Sos, menanam pohon atau penghijauan hendaknya tidak menunggu pemerintah atau pihak lain. Tetapi,  mulailah dari diri kita sendiri. “Menanam pohon dan memeliharanya  ini menjadi tugas kita bersama,” tegas Bupati Ketapang.

Ia menjelaskan pohon yang ditanam tidak hanya sejenis . Melainkan beberapa jenis tanaman lokal seperti tanaman bungor dan lain lain  yang mencerninkan keberagaman suku agama dan kebudayaan yang ada di  Kabupaten  Ketapang. Menurutnya, tanaman merupakan mahluk hidup.

Berbagai pohon yang ditanam beragam, maka mencerminkan keberagaman dalam lingkungan di Kabupaten Ketapang. Ia mengajak semua masyarakat, menjaga dan melestarikan lingkungan  selaras dengan visi Bupati Ketapang mewujudkan Masyarakat maju menuju  sejahtera.

Setelah ditanam pohon secara simbolis, Bupati Ketapang mengajak untuk merawat bersama instansi terkait.Dengan banyak pohon diharapkan Ketapang menjadi kota yang teduh, lingkungannya bersih. Pohon dapat juga mengurangi polusi. Beberapa pohon yang ditanam secara simbolis diantaranya: Mahoni dan trembesi s banyak 300 pohon. Selanjutnya penanaman akan dilanjutkan juga di Pantai Pecal Desa Sungai Kinjil, dan Jalan Matan Kelurahan Mulia baru hingga Jalan lingkar kota. @

A.Rachman, A.Md, Kasi Layanan Informasi Publik dan Penyiaran